Ari Kurniawan WEB DOSEN

BISMILLAH..

KUNCI SUKSES PERNIKAHAN

03 December 2012 - dalam Artikel Oleh ari-kurniawan-fh

Usia pernikahan saya kalau dibilang telah berlangsung masih seumur jagung. Artinya saya telah menikah dengan istri masih berjalan dalam hitungan beberapa tahun. Oleh karena itu, kami pun harus banyak belajar dari pasangan suami istri yang telah sukses mengarungi bahtera rumah tangga hingga lebih dari 70 tahun usia pernikahan.

Tidak sedikit orang yang telah sukses mengarungi bahtera kapal dalam rumah tangga. Banyak sekali pasangan yang telah berhasil dalam menjalani lika liku kehidupan beserta suka dukanya dalam suatu pernikahan lebih dari setengah abad. Khususnya kami,saya dan istri, kesuksesan mereka selayaknya ditiru dan dipelajari bagaimana caranya menghadapi guncangan deburan ombak laut kehidupan yang sangat besar dan berkelanjutan.

Selanjutnya, mempraktekkan nasehat – nasehat yang telah diterima merupakan hal yang paling utama. Pasalnya, kadang kita mudah mempelajari sesuatu, akan tetapi kita sangat susah apabila mempraktekkan nilai – nilai yang positif. Oleh karena itu, nasehat – nasehat orang yang telah sukses dalam suatu pernikahan merupakan inspiratif bagi pasangan yang usia pernikahannya masih muda, khususnya saya beserta istri.

Walaupun saya belum mengarungi lautan rumah tangga selama lebih dari 70 tahun, tetapi banyak berbagai artikel ataupun pengalaman saya kontak dan berdiskusi secara langsung dengan pasangan yang sudah menjalani rumah tangga lebih dari 65 tahun. Dari membaca ataupun diskusi secara langsung, saya mendapat nasehat yang luar biasa. Banyak sekali nasehat yang sangat bermanfaat untuk di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Salah satunya adalah selalu menjaga kesehatan. Pasalnya, ini merupakan kunci dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Apabila kita selalu dalam keadaan sehat, maka kehidupan berumah tangga dapat dilalui dengan bahagia. Apabila salah satu ada yang sakit, maka dapat mengganggu kesehatan pasangan hidupnya, mungkin bisa karena memikirkan terlalu dalam ujian hidup dalam kesehatan. Begitu pula, apabila ada salah satu pasangan yang sakit, maka dapat pula mengganggu aktivitas pasangan yang  lainnya. Banyak cara dalam menjaga kesehatan. Diantaranya selalu mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari seperti sayur-sayuran ataupun buah – buahan. Oleh sebab itu, kesehatan sangat penting dalam mengarungi lautan kehidupan.

Membuat lelucon untuk membuat pasangan tertawa juga penting. Bercanda dengan pasangan  bisa menambah keromantisan hidup dalam berumah tangga. Selain itu, lelucon dapat mengurangi beban kerja ataupun stress pasangan hidupnya. Apabila hidup berumah tangga ada selalu meluangkan waktu untuk bercanda, maka  kehidupan rumah tangga pun selau ceria dan atractive. Maka dari itu, lelucon sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan sehari – hari bersama pasangan hidup demi meningkatkan keharmonisan keluarga.

Berikutnya, memahami dan menghargai pasangan satu sama lain dapat meningkatkan kemesraan berkeluarga. Kadangkala, manusia mempunyai sifat egois, namun dalam berkeluarga hendaknya memahami pasangan jauh lebih baik. Apabila selalu memahami satu sama lain, maka perbedaan pendapat didalam keluarga dapat dihindari. Memahami bukan berarti mengalah, namun menunjukkan tingkat kualitas hidup berumah tangga. Dengan demikian, memahami pasangan jauh lebih baik dan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup bersama pasangan.

Adakalanya, salah seorang pasangan membutuhkan tempat untuk mencurahkan hati. bisa berkaitan dengan pekerjaan ataupun masalah lainnya yang sedah dihadapi oleh salah satu pasangan. Karena, dalam hidup tidak bisa lepas dari suatu cobaan untuk menghadapi suatu masalah. Saat pasangan menghadapai suatu problem merupakan saat yang tepat bagi pasangan lainnya untuk menjadi teman terbaik dalam hidup berkeluarga. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi sahabat terbaik bagi pasangan hidup. Salah satunya adalah dengan mendengarkan. Manakala kita mendengarkan pasangan, maka akan memberikan kenyamanan batin terhadap pasangan. Pasalnya, bagi salah satu pasangan hidup, akan selalu merasa bahwa kita akan selalu ada buat dia, baik saat susah maupun senang. Dengan demikian, mendengarkan sangat esential dalam kehidupan berumah tangga karena dapat memberikan nilai positif untuk saling menguatkan dan memberikan arti bagi pasangan tatkala menghadapi cobaan hidup dikala senang maupun sedih.

Manakala salah satu pasangan menghadapi suatu persoalan maka pasangannya pun sebaiknya membantu masalah yang sedang dihadapi dan meringankan kekawatiran pasangannya tersebut. Saling membantu dalam menghadapi badai kehidupan akan dapat menenangkan hati pasangan karena permasalahan akan dihadapi berdua sehingga akan meringankan beban dalam menghadapi kencangnya topan kehidupan. Apabila selalu meringankan beban pasangan dalam memikul suatu permasalahan, maka dapat menyejukkan dan menentramkan hati pasangan. Maka, membantu memikul permasalahan mempunyai efek psikologi yang positif bagi salah satu pasangan sehingga dibutuhkan dalam meringankan kekawatiran pasangan akan suatu problem kehidupan. 

Tatkala selalu disibukkan oleh padatnya beban pekerjaan, maka sebaiknya meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu atau bertamasya bersama keluarga.Hal ini diharapkan dapat menikmati waktu bersama pasangan tanpa stress. Menikmati waktu bersama keluarga akan memberikan semangat baru dalam bekerja. Oleh karena itu, meluangkan waktu di sela – sela padatnya pekerjaan bersama keluarga dan menikmati waktu luang bersama sangat bermanfaat sekali untuk menghilangkan stress dan menciptakan tenaga serta spirit baru dalam menjalani kehidupan.

Namun demikian, masih banyak sekali cara – cara yang dapat dilakukan sebagai bekal bagi suami istri untuk dapat sukses dalam mengarungi derasnya deburan ombak lautan rumah tangga. Pengalaman orang yang telah sukses dalam pernikahan lebih dari 60 tahun merupakan pengalaman dan guru yang sangat luar biasa bagi suami istri. Akan tetapi, semua kembali kepada masing – masing individu dalam menyikapi dan mempelajari kesuksesan pernikahan seseorang. Yang lebih utama adalah mengaplikasikan dalam kehidupan sehari –hari pengalaman dan nilai – nilai positif dari orang yang telah sukses menjalani pernikahan bersama pasangan seumur hidup demi menjaga dan menghadapi goncangan besar ombak lautan hidup. Bagaimana anda menyikapinya?



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

Dhesta

pada : 11 May 2013


"Thank udah ksih tau dan manfaat bnget bgi dri saya ,,
komentar saya good"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :